Rufus adalah utilitas sumber terbuka untuk membuat drive USB yang dapat di-boot. Ini mudah digunakan, dengan opsi yang tersedia untuk menyesuaikan sesuai kebutuhan Anda. Tidak hanya kemudahan penggunaan, ini juga sangat cepat untuk membuat drive USB yang dapat di-boot.

Sayangnya, Rufus tidak tersedia untuk Linux, hanya eksklusif untuk Windows. Jadi, kebanyakan dari kita yang pernah menggunakannya di Windows, mencari alternatif Rufus di Linux.

Jika Anda berada di kapal yang sama, jangan khawatir, kami memiliki beberapa alternatif yang sangat baik untuk berbagai kasus penggunaan.

6 Alat Pembuatan USB Creating Tools

BalenaEtcher

BalenaEtcher atau Etcher adalah pilihan yang baik untuk berbagai platform (Windows, macOS), termasuk pengguna Linux.

Anda tidak mendapatkan opsi lanjutan di sini. Oleh karena itu, sangat mudah digunakan. Cukup pilih ISO (file gambar) dan lanjutkan untuk mem-flash-nya pada drive USB target.

Ini sepenuhnya open-source dan memvalidasi drive Anda setelah proses. Selain itu, ia akan memilih drive USB yang terhubung secara otomatis untuk menghindari memilih hard disk apa pun jika Anda tidak sengaja menghapusnya.

Anda dapat merujuk ke panduan praktis kami untuk menginstalnya di Linux.

Fedora Media Writer

Fedora Media Writer secara khusus dikenal untuk membantu Anda membuat USB langsung untuk distribusi Fedora Linux. Itu dapat mengunduh file ISO untuk Anda jika Anda belum memilikinya.

Ini juga merupakan utilitas yang sangat baik untuk memperbaiki drive USB Anda jika Anda tidak dapat memformatnya karena masalah yang disebabkan oleh alat pembuatan USB yang dapat di-boot lainnya.

Jangan khawatir, Anda juga dapat memilih gambar khusus (selain Fedora Linux) untuk membuat USB yang dapat di-boot.

Anda dapat menemukan paket Flatpak di Flathub untuk versi terbaru pada semua distribusi Linux. Lihat panduan Flatpak kami jika Anda baru dalam hal ini.

Startup Disk Creator

Jika Anda menggunakan Ubuntu di sistem Anda, Anda sudah memiliki pembuat USB yang dapat di-boot yang telah diinstal sebelumnya, yaitu Startup Disk Creator.

Anda dapat menggunakannya untuk memilih file ISO yang diinginkan (sebaiknya versi Ubuntu apa pun) dan memilih perangkat USB target untuk melanjutkan.\

Setelah Anda mengonfirmasi tindakan, itu akan melanjutkan dengan menulis data untuk menyelesaikan drive yang dapat di-boot.

SUSE Studio Imagewriter

SUSE Studio Imagewriter adalah pembuat USB langsung yang sederhana.

Saya tidak menemukannya di pusat perangkat lunak untuk Ubuntu, tetapi tersedia di repositori komunitas (Manjaro) dan AUR. Jadi, Anda dapat melihatnya jika tersedia untuk distribusi Linux Anda.

UNetbootin

UNetbootin adalah pembuat USB langsung yang mendukung Linux, Windows, dan macOS. Anda mendapatkan beberapa opsi untuk mengubah, jika Anda ingin menjelajahi semua drive yang tersedia, dan juga dapat memilih distribusi untuk mengunduh file ISO secara otomatis.

Ini tidak spesifik untuk distribusi Linux apa pun, tidak seperti beberapa opsi di atas. Jadi, ini mendukung berbagai macam distribusi dan utilitas sistem.

Ventoy

Ventoy adalah solusi USB bootable menarik yang memungkinkan Anda menyalin dan menempelkan gambar untuk membuat drive USB langsung.

Anda hanya perlu menginstal Ventoy ke drive USB, yang membuat dua partisi terpisah. Salah satu partisi digunakan untuk menyimpan gambar ISO yang dapat Anda tempelkan ke drive USB agar dapat di-boot.

Menariknya, Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat USB multiboot.

Ini tersedia untuk Windows dan Linux.

Comments to: 6 Aplikasi Alternatif Terbaik, Pengganti Rufus di Linux

    Your email address will not be published. Required fields are marked *